PENGALAMAN FORMASI SPIRITUALITAS MAHASISWA TEOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN DI KELAS OLEH DOSEN

Authors

  • Donald Manik STT Mawar Saron

DOI:

https://doi.org/10.62240/msj.v1i1.15

Keywords:

formasi spiritualitas, dosen, pembelajaran

Abstract

Pengalaman formasi spiritualitas mahasiswa teologi melalui pembelajaran di kelas oleh dosen. Formasi spiritualitas adalah pembentukan kerohanian, yang dialami oleh setiap orang percaya sepanjang hidupnya melalui berbagai cara yang dipakai Allah dalam karya Roh Kudus, bertujuan mencapai kedewasaan rohani menjadi serupa dengan Kristus. Setiap dosen berperan dalam pembelajaran di kelas agar mahasiswa mengalami formasi spiritualitas melalui pembelajaran yang diampunya. Adapun garis besar hasil studi ini adalah bahwa dosen diharapkan akan lebih meningkatkan peran umumnya dan mempertahankan peran khusus yang diembannya demi memaksimalkan pengalaman formasi spiritualitas mahasiswa melalui pembelajaran di kelas. Mengenai hasil pengalaman formasi spiritualitas dalam diri mahasiswa, seluruh mahasiswa mengaku telah ditolong dalam hal berkomitmen untuk hidup benar dan taat kepada Tuhan. Sedangkan dalam hal semangat melakukan penginjilan perlu mendapat perhatian oleh karena prosentasenya mendekati batas deviasi bawah. Demikian pula dalam hal kesetiaan disiplin rohani dan semangat dalam belajar, hendaknya mendapat perhatian dosen dan memerlukan tindak lanjut karena prosentasenya telah masuk dalam wilayah standar deviasi bawah.

Downloads

Published

2023-02-15

How to Cite

Manik, D. (2023). PENGALAMAN FORMASI SPIRITUALITAS MAHASISWA TEOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN DI KELAS OLEH DOSEN. MAWAR SARON: Jurnal Pendidikan Kristen Dan Gereja, 1(1), 75–98. https://doi.org/10.62240/msj.v1i1.15

Issue

Section

Articles