PERAN GURU PAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK

Authors

  • Saedo Marbun Sekolah Tinggi Teologi Mawar Saron Lampung

DOI:

https://doi.org/10.62240/msj.v4i1.41

Keywords:

Moderasi beragama, peran Guru PAK, Peserta didik, Majemuk

Abstract

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang memiliki masyarakat yang beragam budaya, agama, etnis, ras, bahasa, suku, tradisi dan sebagainya. Realitas kehidupan masyarakat yang demikian, mudah terjadi kesalahpahaman yang mengatasnamakan agama, etnis, tradisi, sehingga berdampak pada keharmonisan hidup. Mengantisipasi munculnya kesalahpahaman tersebut maka menanamkan nilai-nilai moderasi beragama oleh Guru Pendidikan Agama Kristen pada peserta didik sangat dibutuhkan. Melihat adanya peningkatan praktik intoleran, dan radikalisme didalam lembaga-lembaga pendidikan mempertegas bahwa penanaman nilai moderasi beragama mutlak diperlukan.

Guru Pendidikan Agama Kristen harus mengambil langkah-langkah antisipasi terhadap perkembangan radikalisme dikalangan peserta didik dengan memberikan pengajaran yang benar kepada peserta didik Kristen, yang bersumber dari Alkitab, bagaimana Tuhan Yesus mengajarkan kepada pengikut-Nya untuk mengasihi Allah dan juga mengasihi sesama manusia seperti diri-sendiri. Guru Pendidikan Agama Kristen juga harus memberikan teladan bagaimana nilai-nilai moderasi beragama dipraktikkan di dalam kehidupan sehari-hari. Dan mendorong peserta didik untuk mengobarkan semangat toleransi beragama. Sehingga tercipta keharmonisan dan kedamaian di dalam masyarakat yang majemuk.

Downloads

Published

2023-03-10

How to Cite

Saedo Marbun. (2023). PERAN GURU PAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK. MAWAR SARON: Jurnal Pendidikan Kristen Dan Gereja, 4(1), 67–87. https://doi.org/10.62240/msj.v4i1.41

Issue

Section

Articles