Pengaruh Sistem Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Di SMP Negeri 12 Tulang Bawang Barat

Authors

  • Rudy Roberto Walean STT BALA KESELAMATAN PALU

DOI:

https://doi.org/10.62240/msj.v5i1.47

Keywords:

Hasil Belajar, Pandemi Covid-19, Pendidikan Agama Kristen, Sistem Pembelajaran

Abstract

Sistem Pembelajaran merupakan bagian penting dalam pendidikan dan sangat mempengaruhi hasil belajar. Pada masa pandemi covid-19 sistem pembelajaran sering berubah-ubah sesuai dengan kebijakan pemerintah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sistem pembelajaran di masa pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Kristen pada peserta didik yang beragama Kristen di SMP Negeri 12 Tulang Bawang Barat.  Sampel penelitian sebanyak 24 peserta didik perhitungan reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hipotesis yang diajukan diduga adanya pengaruh antara Pengaruh Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Di SMP Negeri 12 Tulang Bawang Barat. Dari analisis uji hipotesis X dan Y disimpulkan bahwa Sistem Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 dengan hasil uji T dengan nilai T hitung sebesar 17.414 dibanding dengan nilai t tabel sebesar 2.079 dan nilai uji F dengan nilai F hitung sebesar 303.242 dibanding dengan nilai F tabel sebesar 4.30.  Dari nilai-nilai tersebut maka dapat disimpulkan bahwa sistem pembelajaran di masa pandemi covid-19 sangat besar pengaruhnya terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Kristen di SMP Negeri 12 Tulang Bawang Barat. Dengan interpretasi variabel rendah pada taraf signifikansi 0.05. Hal ini menunjukan bahwa   Pengaruh Sistem Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19 besar menentukan hasil belajar Pendidikan Agama Kristen di SMP Negeri 12 Tulang Bawang Barat

Downloads

Published

2023-04-14

How to Cite

Walean, R. R. . (2023). Pengaruh Sistem Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Di SMP Negeri 12 Tulang Bawang Barat. MAWAR SARON: Jurnal Pendidikan Kristen Dan Gereja, 5(1), 116–135. https://doi.org/10.62240/msj.v5i1.47

Issue

Section

Articles