Studi Komparasi Pendidikan Holistik Berdasarkan Sistem Pendidikan Nasional dan Pendidikan Kristen Konteks Indonesia

Authors

  • Sheren Angelina Lumintang STAK Reformed Remnant Internasional
  • Alfred Yehuda Prasetya STAK Reformed Remnant Internasional
  • Yornan Masinambow STAK Reformed Remnant Internasional

DOI:

https://doi.org/10.62240/msj.v7i2.80

Keywords:

Pendidikan Holistik, Pendidikan Nasional, Pendidikan Kristen, Pendidik, Peserta Didik

Abstract

Pendidikan nasional dan pendidikan Kristen sama-sama mempunyai konsep pendidikan holistik. Namun terdapat juga perbedaan di dalamnya, sekalipun keduanya saling melengkapi dalam hal pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji serta menganalisa konsep pendidikan holistik melalui studi analisis komparatif antara pendidikan nasional dan pendidikan Kristen. Pendekatan kualitatif dengan metode kepustakaan digunakan dalam penelitian ini, yakni dengan memaparkan secara komparatif pendidikan nasional dan pendidikan Kristen. Hasil yang didapatkan adalah terdapat berbagai macam perbedaan yang ditelusuri dalam pendidikan nasional dan pendidikan Kristen dalam aspek pendidikan holistiknya. Perbedaan yang dilakukan secara komparasi meliputi definisi, bentuk-bentuk, profil pendidik, kurikulum pendidikan, proses pendidikan, evaluasi serta tantangan pendidikan holistik berdasarkan pendidikan nasional, dan pendidikan Kristen. Kesimpulan yang di dapat adalah pendidikan holistik sudah diterapkan di dalam sistem pendidikan nasional dan pendidikan Kristen sekalipun aspek esensinya berbeda satu dengan yang lain.

References

Anthony, Michael J. Evangelical Dictionary of Christian Education. Michigan: Baker House Company, 2001.

Anwar, Muhammad. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Bakar, Zainudin Abu. Psikologi Pendidikan: Pedoman Untuk Guru Dan Ibu Bapa. Malaysia: Patridge Singapore, 2014.

Brummelen, Harro Van. Berjalan Bersama Tuhan Di Dalam Kelas: Pendekatan Belajar Dan Mengajar Secara Kristiani. Surabaya: Association of Christian Schools International, 2015.

Budijanto, Bambang. Dinamika Spiritualitas. Jakarta: Yayasan Bilangan Research Center, 2018.

E.G. Homrighausen, I.H. Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.

Fausto, Reynette. “Plus Minus Sekolah Plus.” Feminia: Gaya Hidup Masa Kini. Last modified 2016. https://www.femina.co.id/family/plus-minus-sekolah-plus;

Juwaini, Jazuli. “Tantangan Besar Pendidikan Nasional.” Koran Sindo. Last modified 2018. https://nasional.sindonews.com/read/1302889/18/tantangan-besar-pendidikan-nasional-152537824 8.

Koesoema, Doni. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Grasindo, 2010.

Latifah, Ratna Megawangi; Melly. Pendidikan Holistik. Cimanggis: Indonesia Heritage Foundation, 2008.

Lie, Tan Giok. “Tantangan Pendidikan Dan Pengajaran Kristen Masa Kini Di Ranah Formal.” Soteri. m.reformed.sabda.org/node/294;

Manullang, Prayitno; Belferik. Pendidikan Karakter Dalam Pembangunan Bangsa. Jakarta: Gramedia Widiasarana, 2011.

Matanasi, Petrik. “Lingkaran Setan Sistem Ranking Di Sekolah.” Tirto.Id. Last modified 2016. https://tirto.id/lingkaran-setan-sistem-ranking-di-sekolah-b9Ty.

Murniarti, Balsamus Pieter Dwiwasa; Erni. “Analisis Pendekatan Holistik Dalam Pendidikan Agama: Perbandingan KTSP Dan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09, no. September (2024): 839–850.

Nasution, S. Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

Sairin, Weinata. Himpunan Peraturan Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Penerbit Jala Permata Aksara, 2010.

Saragi, Julia Tanti Raulina. “Strategi Pembelajaran Integrasi Iman Dan Ilmu Di Lembaga Pendidikan Kristen Kota Malang: Studi Kasus Penggunaan Strategi Pembelajaran Matematika Dan Sejarah).” Universitas Negeri Malang, 2011.

Sidjabat, Binsen Samuel. “Meretas Polarisasi Pendidikan Kristiani: Sebuah Pengantar Tentang Arah Pendidikan Kristiani Di Gereja, Akademia, Dan Ruang Publik.” Indonesia Journal of Theology 7, no. 1 (2019): 7–24.

———. Pendidikan Kristen Konteks Sekolah. Bandung: Kalam Hidup, 2018.

Sinaga, Janes, and Juita Lusiana Sinambela. “Pendidikan Kristen Versus Pendidikan Sekuler: Ditinjau Dari Motivasi Dan Tujuan Pendidikan.” JIMAD : Jurnal Ilmiah Mutiara Pendidikan 1, no. 1 (2023): 34–48.

Sirait, Bigman. “Bodoh, Bila Tidak Takut Tuhan.” Tabloid Reformata Ed. 133. Jakarta, November 2010.

Siswantara, Yusuf. “Paradigma Pendidikan Katolik: Kajian Komparasi Atas Paradigma Pendidikan Nilai Dan Karakter Di Indonesia.” Vocat: Jurnal Pendidikan Katolik 1, no. 2 (2021): 55–67.

SJ, Tom Jacobs. Paham Allah: Dalam Filsafat, Agama-Agama, Dan Teologi. Yogyakarta: Kanisius, 2002.

Tong, Stephen. From Faith To Faith. Surabaya: Momentum, 2004.

Uhbiyanti, H. Abu Ahmadi; Nur. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2001.

Wilds, Elmer Harrison. The Foundation of Modern Education. New York: Renehart & Company, 1995.

Winarno, Surakhmad. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Dan Metode. Bandung: Tarsito, 1994.

Wolterstroff, Nicholas. Educating for Life: Reflections on Christian Teaching and Learning. Michigan: Baker Academic, 2002.

Yang, Ferry. Pendidikan Kristen. Surabaya: Momentum, 2018.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1990.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi: Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pedidikan Nasional Bab II Pasal 3, n.d.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Lumintang, S. A., Prasetya, A. Y. ., & Masinambow, Y. (2024). Studi Komparasi Pendidikan Holistik Berdasarkan Sistem Pendidikan Nasional dan Pendidikan Kristen Konteks Indonesia. MAWAR SARON: Jurnal Pendidikan Kristen Dan Gereja, 7(2), 20–41. https://doi.org/10.62240/msj.v7i2.80

Issue

Section

Articles